Sunrays

Blogger Template by ThemeLib.com

DAMPAK BIOFISIK LINGKUNGAN

Published by Unknown under on 23.11

Dampak biofisik berkaitan erat dengan pelepasan asap, pelepasan CO2, suhu tinggi, dan perusakan habitat flora dan fauna. Asap adalah suspensi zarah-zarah padat halus dalam gas (udara). Asap dari kayu dan bahan organik lain terdiri atas zarah-zarah halus karbon. Bahan ini menurunkan mutu udara karena mengganggu pernafasan dan penglihatan, bahkan dapat merusak organ pernafasan dan penglihatan. Akibat menghalangi dan memencarkan energi pancar matahari, asap juga menurunkan fotosintesis yang pada gilirannya menurunkan potensi produksi nabati. Butir-butir halus yang kemudian mengendap dan menempel pada permukaan daun dapat mengurangi luas efektif daun untuk melakukan fotosintesis.

Dampak langsung dari kebakaran hutan dan lahan terhadap lingkungan atmosfer adalah berupa kabut asap yang menghalangi daya visibilitas terutama untuk sektor penerbangan dan transportasi darat. Dampak tidak langsungnya adalah berupa emisi CO2, NOx, dan CH4. Gas-gas tersebut akan mengapung-apung di atmosfer sebagai gas rumah kaca yang berdampak pada pemanasan bumi dan mempengaruhi perubahan iklim.
Kebakaran hutan juga berdampak buruk pada ekosistem darat, yaitu akan memusnahkan flora dan fauna serta biodiversitas. Api yang cukup panas dapat mematikan 100% tumbuhan hijau, 75% tumbuhan bawah, dan 80% organisme penutup tanah, baik berupa hewan maupun tumbuhan. Pada daerah bekas kebakaran yang terdapat di Provinsi Kalimantan Timur menunjukkan angka kematian pada tingkat vegetasi pohon mencapai 33 – 84%, sedangkan pada tingkat vegetasi tiang sebesar 61%.

Dampak lain adalah penurunan kesuburan tanah karena hilangnya lapisan humus dan struktur tanah bagian atas (top soil) yang mengalami perubahan. Kondisi ini menyebabkan terganggunya kehidupan mikroorganisme dan tanaman yang tumbuh di atasnya, yang pada akhirnya akan menyebabkan penurunan produktivitas lahan.
     http://piba.tdmrc.org/content/dampak-biofisik


0 komentar:

Posting Komentar

 

Lipsum

Followers